Skip to main content
Loading...

Profil

Identitas

Status Sekolah Sekolah Negeri Provinsi DKI Jakarta
Jenjang Akreditasi A sampai tahun 2021
Tanggal akreditasi terakhir 16 September 2016
NSS 301016008055
NIS 30062
NPSN 20100211
Luas tanah 3602 m2
Status tanah dan bangunan bersertifikat dengan no. 09.01.02.4.0067
Jumlah ruang belajar 17 lokal kelas
Waktu belajar 06.30 – 15.00
Program studi MIPA, IPS, dan IBB
Jenis kurikulum Kurikulum 2013

Sejarah

Pada hari Jumat, 21 Maret 1951, para pejuang mengajukan kepada parlemen agar mereka diberikan tempat untuk belajar yang memiliki sistem pendidikan dan guru-guru asli Indonesia, karena sebelumnya mereka belajar di SMA VHC pimpinan Hr. Bruyn di Jl. Diponegoro yang memiliki sistem dan guru Belanda. Permintaan tersebut disertai ancaman bahwa mereka akan mengadakan demonstrasi di dalam kota jika permintaan mereka tidak dipenuhi. Akhirnya parlemen menyetujui permintaan tersebut, dan memberitan tempat eks-rehabilitasi tawanan perang yang terletak di Gang Batoe untuk dijadikan tempat belajar. Sejak saat itulah sekolah ini disebut dengan nama SMA Gang Batu yang terdiri dari bagian A, B, dan bagian C.

Pada tahun 1954, Presiden Republik Indonesia Soekarno menghadiahkan sebuah bangunan yang sudah dibangun sejak 1953 yang terletak di Jalan Setiabudi II, Jakarta yang dilengkapi dengan laboratorium karena prestasinya yang begitu banyak. Kemudian bangunan tersebut menjadi SMA Gang Batu bagian B, kini dikenal sebagai SMA Negeri 3 Jakarta, dan bagian A menjadi SMA Negeri 7 Jakarta, serta bagian C menjadi SMA Negeri 4 Jakarta Gang Batu.

Pada tahun 1964 SMA Gang Batu berganti nama menjadi SMA Negeri 4 Jakarta, pada saat itulah lahir lambang SMA Negeri 4 yaitu: Suddharma Pundarika yang diciptakan oleh Bapak Muharam guru menggambar dan Bapak Amin Situmeang (Bapak Ronggur). Lambang tersebut saat ini diabadikan dan dipakai sebagai lambang resmi Sekolah dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi Keluarga Besar SMA Negeri 4 Jakarta.

Visi dan Misi

Visi

Menjadikan sekolah dengan lulusan berkualitas dan berakhlak mulia untuk siap berkompetisi dieraglobalisasi

Misi

  • Membangun kepribadian peserta didik yang yang kuat dan berakhlak mulai dengan meningkatkan kegiatan keagamaan
  • Meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan pembelajaran berbasis TIK
  • Membangun sarana dalam bidang teknologi dan informastika guna meningkatkan pengembangan teknologi dilingkungan sekolah
  • Meningkatkan minat baca warga sekolah guna memperluas wawasan melalui budaya literasi dan peningkatan sarana dan prasarana
  • Membangun kemampuan dan bekalketerampilanyang dibutuhkan oleh dunia usaha saat ini
  • Meningkatkan pembinaan pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan ektrakulikuler serta meningkatkan kedisiplinan dan keprofesionalisme warga sekolah

Struktur Organisasi