Profil
Identitas
Status Sekolah | Sekolah Negeri Provinsi DKI Jakarta |
Jenjang Akreditasi | A sampai tahun 2021 |
Tanggal akreditasi terakhir | 16 September 2016 |
NSS | 301016008055 |
NIS | 30062 |
NPSN | 20100211 |
Luas tanah | 3602 m2 |
Status tanah dan bangunan | bersertifikat dengan no. 09.01.02.4.0067 |
Jumlah ruang belajar | 17 lokal kelas |
Waktu belajar | 06.30 – 15.00 |
Program studi | MIPA, IPS, dan IBB |
Jenis kurikulum | Kurikulum 2013 |
Sejarah
Pada hari Jumat, 21 Maret 1951, para pejuang mengajukan kepada parlemen agar mereka diberikan tempat untuk belajar yang memiliki sistem pendidikan dan guru-guru asli Indonesia, karena sebelumnya mereka belajar di SMA VHC pimpinan Hr. Bruyn di Jl. Diponegoro yang memiliki sistem dan guru Belanda. Permintaan tersebut disertai ancaman bahwa mereka akan mengadakan demonstrasi di dalam kota jika permintaan mereka tidak dipenuhi. Akhirnya parlemen menyetujui permintaan tersebut, dan memberitan tempat eks-rehabilitasi tawanan perang yang terletak di Gang Batoe untuk dijadikan tempat belajar. Sejak saat itulah sekolah ini disebut dengan nama SMA Gang Batu yang terdiri dari bagian A, B, dan bagian C.
Pada tahun 1954, Presiden Republik Indonesia Soekarno menghadiahkan sebuah bangunan yang sudah dibangun sejak 1953 yang terletak di Jalan Setiabudi II, Jakarta yang dilengkapi dengan laboratorium karena prestasinya yang begitu banyak. Kemudian bangunan tersebut menjadi SMA Gang Batu bagian B, kini dikenal sebagai SMA Negeri 3 Jakarta, dan bagian A menjadi SMA Negeri 7 Jakarta, serta bagian C menjadi SMA Negeri 4 Jakarta Gang Batu.
Pada tahun 1964 SMA Gang Batu berganti nama menjadi SMA Negeri 4 Jakarta, pada saat itulah lahir lambang SMA Negeri 4 yaitu: Suddharma Pundarika yang diciptakan oleh Bapak Muharam guru menggambar dan Bapak Amin Situmeang (Bapak Ronggur). Lambang tersebut saat ini diabadikan dan dipakai sebagai lambang resmi Sekolah dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi Keluarga Besar SMA Negeri 4 Jakarta.
Visi dan Misi
Visi
Menjadikan sekolah dengan lulusan berkualitas dan berakhlak mulia untuk siap berkompetisi dieraglobalisasi
Misi
- Membangun kepribadian peserta didik yang yang kuat dan berakhlak mulai dengan meningkatkan kegiatan keagamaan
- Meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan pembelajaran berbasis TIK
- Membangun sarana dalam bidang teknologi dan informastika guna meningkatkan pengembangan teknologi dilingkungan sekolah
- Meningkatkan minat baca warga sekolah guna memperluas wawasan melalui budaya literasi dan peningkatan sarana dan prasarana
- Membangun kemampuan dan bekalketerampilanyang dibutuhkan oleh dunia usaha saat ini
- Meningkatkan pembinaan pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan ektrakulikuler serta meningkatkan kedisiplinan dan keprofesionalisme warga sekolah